Bagaimana Undian Piala Dunia 2014?


Jumat (6/12) akan menjadi hari yang ditunggu-tunggu penggemar sepak bola. Pada hari itu akan digelar drawing atau undian pembagian grup tim-tim yang beraksi di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Setelah undian digelar nanti akan diketahui tim mana saja yang bergabung dalam delapan grup di putaran final Piala Dunia 2014. Siapa calon lawan di babak penyisihan grup akan diketahui, sehingga peluang sebuah tim mulai bisa diperkirakan. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait penyelengaraan undian ini:

Tim mana saja yang menjadi unggulan?

Brasil sebagai tuan rumah, lalu Argentina, Kolombia, Uruguay, Belgia, Jerman, Spanyol, dan Swiss, sebagai tim-tim yang menempati posisi terbaik peringkat FIFA pada Oktober 2013.

Kapan undian atau drawing ini digelar?

Undian putaran final Piala Dunia 2014 akan digelar Jumat (6/12) pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB.

Di mana undian ini akan digelar?

Event ini berlangsung di Costa do Sauipe, di Costa dos Coqueiros, sebuah tempat indah di Negara Bagian Bahia, Brasil, sekitar 76 kilometer di utara Ibu Kota Negara Bagian Bahia, Salvador.

Siapa yang akan membawakan acara ini?

Acara ini dipandu Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke yang akan dibantu oleh nama-nama terkenal dalam sepakbola dunia seperti: legenda Uruguay Alcides Ghiggia, Geoff Hurst dari Inggris, mantan kapten timnas Brasil, Cafu, Fabio Cannavaro (Italia), Mario Kempes (Argentina), Fernando Hierro (Spanyol), Zinedine Zidane (Prancis), dan Lothar Matthaeus (Jerman).

Bagaimana pembagian potnya?

Pot 1 (unggulan): Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay, Belgia, Jerman, Spanyol, Swiss.

Pot 2 (Afrika dan Amerika Selatan): Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Ghana, Nigeria, Chili, dan Ekuador

Pot 3 (Asia dan Amerika Utara/Tengah): Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Kosta Rika, Honduras, Meksiko, dan Amerika Serikat

Pot 4 (Eropa): Bosnia-Herzegovina, Kroatia, Inggris, Prancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal, Rusia.

Bagaimana proses undiannya?

Tim-tim di Pot 1 secara otomatis akan berada di urutan pertama di grup-grup hasil undian. Brasil secara otomatis sudah mendapatkannya yakni di posisi 1 Grup A.

Langkah pertama undian adalah mengambil satu tim dari Pot 4 (satu-satunya yang berisi sembilan tim) dan kemudian menaruhnya di Pot 2. Ini untuk memastikan bahwa tiap pot memiliki delapan bola.

Setelah itu kembali ke Pot 1 dan Brasil langsung ditempatkan di posisi 1 Grup A. Sisa tim yang berada di Pot 1 nantinya akan diundi untuk menempati posisi 1 di grup yang tersisa (Grup B-H).

Pot 2, kini berisi tim-tim dari tiga konfederasi berbeda. Ini berisiko melanggar aturan soal pemisahan geografi (tak boleh ada tim satu konfederasi yang berada di grup yang sama, kecuali Eropa). Demi menghindarkan adanya tiga tim Eropa di grup yang sama, maka disediakan pot sementara yang disebut Pot X yang berisi empat negara unggulan dari Amerika Selatan (Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay).

Satu bola akan diundi dari Pot X, dan kemudian dimasukkan ke Pot 2. Satu negara unggulan Amerika Selatan di Pot X ini akan menentukan tergabung di grup mana satu-satunya tim Eropa di Pot 2 tersebut. Misalkan yang keluar Argentina, maka negara Eropa yang ada di Pot 2 akan berada satu grup dengan Argentina.

Kemudian tim yang tersisa di Pot 2 itu diundi. Namun akan ada grup yang dihindari agar Chili dan Ekuador tidak berada satu grup dengan empat negara unggulan dari Amerika Selatan (Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay).
Setelah itu barulah Pot 3 dan Pot 4 diundi. Posisi negara-negara ini di grup juga akan diundi, kecuali negara-negara unggulan yang ada di Pot 1, yang pasti akan menempati urutan 1 di grup masing-masing.

Di mana bisa mengikuti acara undian ini?

Tak kurang dari 193 negara menyiarkan acara undian ini via televisi publik baik secara langsung maupun tunda. Fifa.com secara komprehensif memublikasikan perkembangan acara ini sejak Jumat pukul 9 pagi waktu setempat (19.00 WIB) dengan sebuah acara khusus yang bisa diikuti via FIFA App. FIFA juga terus meng-update informasi melalui akun Twitter dan halaman Brazil 2014 di Facebook.

Apakah ada pertunjukan dalam acara ini?

Ya. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan beberapa artis seperti: Alcione dan Emicida, duo Vanessa da Mata dan Alexandre Pires, Deborah Colker, dan pasangan kelahiran Bahia, Margareth Menezes dan Olodum.

Pembagian Pot

Pot 1
(Unggulan)
Brasil
Argentina
Kolombia
Uruguay
Belgia
Jerman
Spanyol
Swiss

Pot 2
(Afrika dan Amerika Selatan)
Aljazair
Kamerun
Pantai Gading
Ghana
Nigeria
Chili
Ekuador

Pot 3
(Asia dan Amerika Utara/Tengah)
Australia
Iran
Jepang
Korea Selatan
Kosta Rika
Honduras
Meksiko
Amerika Serikat

Pot 4
(Eropa)
Bosnia-Herzegovina
Kroatia
Inggris
Prancis
Yunani
Italia
Belanda
Portugal
Rusia

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s