Selamat Menempuh Hidup Baru, Sahabat Terhebatku…


Minggu pagi, seperti biasanya aku selalu terbangun lebih awal.

Jam 6 pagi, sudah lengkap dengan baret-baretnya kalo seperti istilah dalam dunia militer, meskipun aku sendiri bukan orang militer.

Pagi itu, setelah menyantap sarapan nasi kuning yang terbungkus daun, aku kembali melanjutkan aktivitas seperti orang-orang kebanyakan lainnya. Yaa, jogging diareal Taman Menara Limboto yang setiap pekannya menyelenggarakan car free day

Sepulang dari car free day, aku langsung mandi, dan bersiap-siap menghadiri kondangan akad nikah temanku, yang sudah menganggapku saudara juga.

***

Dengan mengenakan pakaian batik, corak warna hijau dan celana hitam, aku menuju ke rumah temanku. Sampai dirumahnya, belum banyak tamu yang hadir, mungkin aku orang yang pertama datang. Temanku juga belum mengenakan pakaian kebesaran seperti pada umumnya, yang dipakai orang saat akan melangsungkan pernikahan.

Lanjut…

Alhamdulillah, semua prosesi akad nikah temanku, berjalan dengan sempurna dan mereka pun sah menjadi mempelai suami-istri dan siap untuk melanjutkan bahtera kehidupan dengan suasana berbeda, yang tidak seperti sebelumnya saat mereka masih pacaran dulu.

“Aku terima nikahnya Lianty Kemala Dewi binti Kardi dengan mas kawin tersebut dibayar tunai”

Prosesi Akad Nikah
Prosesi Akad Nikah

Suara lantang dengan sekali tarikan nafas, temanku sah menjadi seorang suami, menunaikan apa yang sudah disunnahkan Rasulullah SAW, yang akan menjadi kepala rumah tangga, membimbing istrinya dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrahmah…

Seketika, suasana menjadi syahdu, saat semua orang yang hadir dalam prosesi akad nikah tersebut turut melantunkan doa restu untuk kedua mempelai. Aku sendiri terdiam, merasa haru sekaligus bahagia. Saat itu, aku tidak bisa menggambarkan bagaimana perasaan itu, dan entahlah pula bagaimana dengan apa yang mereka rasakan, mereka kedua mempelai.

Selamat menempuh hidup baru, Brigadir Polisi Rahmat Tommy Pongoliu, SH dan Drg. Lianty Kemala Dewi, dua sahabat terbaikku dalam mengejar mimpi, sahabat yang tepat untuk sharing hal-hal kecil. Alhamdulillah, diatas segalanya, cinta yang kembali bertasbih dengan mengagungkan Keesaan Illahi Rabb dengan lafadz basmallah, doaku menyertai kalian.

Penandatanganan Buku Nikah
Penandatanganan Buku Nikah

Ketika sahabat tidak lagi bersahabat, tapi melanjutkan ke perjalanan yang dilandasi rasa persahabatan, menikah. Barakallahu

Ketika mendatangi dan memberikan doa langsung ucapan selamat kepada kedua mempelai, aku memeluk mempelai pria, Rahmat Tommy Pongoliu, rasanya seakan berat sekali. Saat itu aku merasakan bahwa aku bakalan kehilangan teman yang selalu jalan bersama, teman yang selalu makan bersama, teman yang selalu tidur bersama, teman yang selalu jadi tempat untuk sharing hal-hal kecil.

Dia berbisik, “cepat menyusul yaa bro…”

Sebuah ucapan yang sangat sederhana, tapi sangat luar biasa. Ucapan itu masuk ke dalam nurani hatiku terdalam. Itu bukan sekedar seruan, itu bukan sekedar himbauan, tapi aku tahu itu adalah doa yang tulus dari sahabatku.

Begitu pula halnya saat aku menyalami mempelai perempuan, Lianty Kemala Dewi yang juga mengatakan hal serupa.

Bahkan, kedua orang tua dari kedua mempelai, mengatakan hal yang serupa, seperti yang dikatakan oleh mempelai pria tersebut. Mereka seakan-akan secara bersamaan, mendoakan. Bagiku, mereka sudah seperti orang tua sendiri. Ayahnya mempelai pria, selalu jadi teman yang asyik untuk diajak berbincang sekaligus tempat curhat, bahkan untuk hal-hal yang privacy sekalipun. Sedangkan ibunya mempelai wanita, Ibu Kompol Ramlah Pulomoduyo sama halnya seperti ayahnya mempelai pria, bahkan aku selalu menyempatkan waktu untuk menemui beliau, baik di rumah maupun di kantornya, selain silaturahmi juga untuk diajak berbagi cerita.

Alhamdulillah, terima kasih Yaa Allah, engkau menganugerahkan aku orang-orang seperti mereka, orang-orang yang bahkan aku sudah menganggapku keluarga sendiri.

Kedua Mempelai, Drg. Lianty Kemala Dewi & Brigadir Polisi Rahmat Tommy Pongoliu, SH
Kedua Mempelai, Drg. Lianty Kemala Dewi & Brigadir Polisi Rahmat Tommy Pongoliu, SH

Sekali lagi, selamat aku ucapkan. Mungkin hanya doa ini yang akan terus aku panjatkan ke khadirat Illahi Rabb, untuk kebahagiaan kalian, untuk bisa selalu bersama-sama, hingga ujung waktu. Selamat yaa Brigadir Polisi Rahmat Tommy Pongoliu, SH dan Drg. Lianty Kemala Dewi

BARAKALLAH LAKA WA BARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMA FIL KHAIR
(semoga Allah memberi berkah kepadamu & keberkahan atas pernikahan kamu, & mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s