Terima Kasih Tuhan, Penguasa Alam Semesta Raya


Alhamdulillah…

Kata itu yang pertama kali terucap ketika saya terbangun pukul 12 lebih 10 menit dinihari di tanggal 5 September 2013. Itu artinya, tepat disaat itu usia saya menginjak yang ke-29 kali, bukanlah sebuah perjalanan singkat yang hanya dilalui begitu saja. Begitu banyak cerita yang harus saya alami, saya jalani dan saya nikmati hingga mencapai usia tersebut.

Moment ini pun saya jadikan sebagai bentuk introspeksi diri, apa sih yang sudah saya lakuin selama ini? Manfaatnya apa? Atau jangan-jangan saya hanya banyak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang gak ada manfaatnya, sehingga saya lupa, bahwa hidup hanya sementara, toh belum begitu banyak bekal yang harus saya bawa ketika saya menghadap ke khadirat Illahi rabb. Apa yang nantinya kelak saya pertanggung jawabkan dihadapanNya nanti?

Sering kali saya terdiam, merenung, dan menghayati, apa semua yang sudah saya lakukan selama ini bisa jadi bekal untuk dipertanggung jawabkan nanti? Yang harus saya pertanggung jawabkan kepadaNya, kepada orang lain sebagai sesama manusia makhluk Allah. Seringkali, saya menganggap bahwa ketika saya berulang tahun bukanlah bertambah umur, akan tetapi berkurangnya umur. Ini bukanlah sebuah cerita atau ungkapan apa, akan tetapi saya hendak mengintrospeksi diri saya.

Mohon maaf sebesar-besarnya jika selama ini ada yang kurang berkenan atau yang menyakiti hati baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Insya Allah, diusia yang ke-29 ini saya akan terus untuk tetap istiqomah dijalannya, dan seperti keinginan saya, yakni menjadi manusia yang punya manfaat buat orang lain.

Terima kasih

Leave a Reply

