Selamat Jalan Bpk. Ir. Haris Nadjamudin


Kaget dan merasa tidak percaya, ketika saya membaca dari twitter tentang meninggalnya Ir. H. Haris Nadjamudin, MM. Bupati Bone Bolango. Setahu saya, beliau memang sementara dirawat di rumah sakit Cikini, Jakarta karena menderita penyakit jantung. Tapi kenapa harus secepat itu beliau pergi, untuk selamanya?

Terlalu banyak kenangan bersama beliau, sewaktu masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo. Beliau adalah sosok yang dicintai rakyat, dicintai oleh para PNS dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo. Sosok yang dianggap sebagai panglima dengan beragam terobosannya. Sosok yang dekat dengan pegawai. Terlalu banyak dan tidak bisa diungkapkan lagi.

Sewaktu beliau mencalonkan diri menjadi Bupati Bone Bolango melalui jalur independent, saya percaya bahwa beliau pasti menang. Beliau pasti terpilih. Pembawaan beliau yang sederhana dan bijaksana itu yang diidolakan rakyat dalam dirinya. Semua tahu, seluruh Gorontalo pun tahu, bahwa beliau adalah sosok pemimpin yang bisa diandalkan. Pemimpin yang dicintai rakyat, pemimpin yang dijuluki sang pencerah.

Bahkan, dalam keadaan terzolimi sekalipun, beliau tetap tegar, beliau ikhlas menjalani, beliau tetap sabar. Kini, sosok pemimpin yang dicintai itu, telah pergi untuk selama-lamanya, menghadap Sang Khalik dengan banyak cerita indah yang tidak akan terlupakan.

Saya ingin menulis banyak hal, tapi jari ini tidak sanggup lagi. Bagaimana hebatnya Bpk Haris Nadjamudin mungkin tidak bisa saya ungkapkan lebih banyak disini. Beliau bukan sosok yang bisa digambarkan dengan kata-kata lagi. Beliau adalah putra terbaik yang pernah di miliki Gorontalo, dan sejarah akan mencatat ini untuk selamanya.

Selamat Jalan Sang Pencerah, pemimpin yang selalu dizolimi. Kami merindukanmu, wahai ta iloponu lo rakyati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s