Ini Peluang Bisnis, Ada yang Tertarik???


Setiap sore, saya paling suka menghabiskan waktu untuk jalan-jalan, kalo bukan jalan-jalan antar kecamatan, paling saya hanya putar-putar disekitaran kompleks rumah saja. Kemudian memilih satu tempat untuk sekedar menikmati sore hingga senja kembali ke peraduannya. Kebiasaan ini sudah berjalan lama, karena saya paling suka menikmati hal ini dibandin harus nongkrong dalam kamar.

Kemarin, saya sempat melewati sebuah rumah. Itu rumah besar, parkiran dan halamannya juga besar. Didepan rumah, semacam ada tempat yang bisa dijadikan tempat tongkrongan tiap sore atau malam. Sempat kepikiran dalam benak saya, halaman rumah sebesar ini kayaknya bisa dijadikan lahan produktif. Cafe misalnya.

Pertimbangan yang datang dalam benak saya saat itu banyak. Saya kepikiran untuk melakukan sesuatu, bagaimana kalau lokasi strategis itu saya jadikan cafe saja? Seperti coffee shop misalnya. Atau jadi cafe seperti cafe yang banyak saya temui di pinggiran kota, di taman-taman, atau di halaman rumah seperti pada umumnya. Selain itu juga, lokasinya strategis. Terletak tidak jauh dari kampus dan sekolah, kemudian disekitarannya terdapat beberapa rumah dan gedung yang disulap jadi kost-kostan. PAS !!!

Sore itu juga, saya mampir, ketemu dengan pemilik rumah. Saya sempat ngobrol-ngobrol dengan yang empunya rumah. Katanya, dia mau lokasi itu dijadikan cafe khusus untuk tongkrongan, seperti cafe comunitas atau entahlah jadi apa. Hanya saja, dia gak punya waktu untuk mengelolanya. Dalam hati saya saat itu ingin sekali menawarkan diri bagaimana kalau saya saja yang mengelolanya. Tapi keinginan itu saya tahan dulu, karena mengingat untuk mengelola tempat seperti ini membutuhkan modal, meskipun tidak sebesar modal jualan mobil atau apartemen.

Hanya saja, dia sempat bilang ke saya, untuk mencarikan siapa yang bisa mengelola dan menyulap halaman rumah itu jadi cafe, nanti untuk pembagian hasil pendapatan maupun tetek bengek lainnya, itu dibicarakan di kemudian hari. Sambil ngobrol dengan sang empunya rumah, otak kanan saya terus bekerja dan terus berimajinasi.

  • Berapa modal yang harus saya sediakan jika saya saja yang mengelola tempat ini
  • Jam kerjanya bagaimana, bagusnya sore sampai malam supaya bisa diatur dengan jadwal kerja saya sebagai pegawai.
  • Berapa tenaga kerja yang harus saya rekrut disini sebagai koki, pelayan, kasir dan pembantu umum lainnya.
  • Kalo soal promosi lokasi, kayaknya saya bisa mengandalkan jejaring sosial dan jaringan pertemanan saya.

Belum lagi soal fasilitas yang disediakan disitu, boleh saya katakan lengkap, selain parkirannya yang luas, kita bisa menemukan colokan diberbagai sudut halaman yang sudah dilengkapi dengan payung-payung tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri, kalo orang zaman sekarang paling membutuhkan yang namanya colokan. Kemudian fasilitas lainnya adalah tersedianya jaringan WiFi serta dua toilet kecil yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika dalam keadaan darurat.

Berikut saya share foto-foto hasil jepretan kemarin, kalo saya jepret sebelum saya posting tulisan ini kayaknya tidak pas, karena diluar sana hujan masih terlalu awet. “Siapa tahu ada yang mau ngajak saya untuk kerja sama kelola tempat ini, atau menginvestasikan modalnya kepada saya untuk menjalankan bisnis disini. Saya sendiri bisa menyediakan bahan untuk masakan, konsep untuk pemasaran khas di cafe ini, promosi yang strategis terhadap lokasi ini, dan tentunya juga sumber daya manusia yang bisa diandalkan dalam pengelolaan tempat ini”

===

payung dan tatanan yang merangkap jadi dapur dan tempat penyimpanan bahan baku makanan
tempat duduk yan sudah dilengkapi dengan payung-payung, dibawahnya terdapat colokan listrik
payung-payungnya lebar
ada lesehannya, bisa nampung 10-15 orang

Leave a Reply

