Hari Pahlawan, Moment Introspeksi Diri


Saya mau jadi pahlawan, untuk diri saya sendiri, untuk orang-orang disekitar saya, dan yang lebih penting lagi saya ingin jadi pahlawan bagi nusa dan bangsa yang saya cintai ini. Entahlah dengan cara apa, selama ini punya nilai positif dan tidak merugikan orang lain, saya mau melakukannya. Saya punya cinta yang teramat besar untuk negeri ini, meskipun saya tahu sendiri kalo negeri ini sudah penuh dengan orang yang tidak bisa saya cintai lagi.

10-11-12, ah tanggalnya unik yaa, cantik lagi. 10 November 2012 yang juga kita kenal dengan momentum Hari Pahlawan. Bukan sebuah kebetulan tapi bukan juga sebuah hal yang sudah direncanakan terlebih dahulu.

Ngomongin tentang makna hari pahlawan, saya tidak punya banyak hal mengenai konsep tersebut, yang saya tahu bahwa mereka para pahlawan yang sudah memperjuangkan banyak hal demi kemerdekaan negeri ini adalah hal yang luar biasa. Mereka mengorbankan nyawa dan harta, yang penting negeri ini terlepas dari belenggu penjajahan kaum asing. Luar biasa.

Kini, kita sudah merdeka, sudah lebih dari setengah abad kita menikmati hasil kemerdekaan ini. Terkadang, pada setiap waktu, saya sering berpikir. Saya mengagumi mereka pahlawan, saya menjadikan mereka sebagai inspirasi untuk dipersembahkan buat negeri ini. Tapi, kadang hati masih terasa ragu. Ragu karena banyak pertimbangan yang manusiawi dan duniawi. Padahal mereka para pahlawan, sudah mengorbankan banyak hal demi negeri ini.

Mereka mengorbankan nyawa. Ya, nyawa!!! yang kadang kalo kita pikir, itu bentuk pengorbanan terbesar dari manusia. Sementara, saya sendiri untuk mengorbankan pikiran, waktu, tenaga dan materi, masih harus pikir-pikir lagi. Istilahnya gak mau rugi sendiri. Astaga !!!!

Suatu hari nanti, saya sudah menanamkan dalam hati ini, bahkan dalam lubuk hati yang terdalam bahwa suatu ketika saya harus bisa mempersembahkan sesuatu yang terbaik untuk negeri ini. Saya banyak menuntut beragam hal dari negeri ini, tapi saya tidak pernah memberikan apa-apa untuk negeri ini, tidak seperti mereka para pahlawan yang sudah memperjuangkan dan mengorbankan banyak hal.

Semoga, tulisan ini bisa jadi introspeksi buat diri saya sendiri, semoga kelak saya bisa memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Selamat Hari Pahlawan

Leave a Reply

