Ada Yang Menghujat di Twitter, Lakukan Ini


disadur dari salingsilang.com Akun Twitter memang mudah dibuat oleh siapa saja, oleh yang ingin berniat baik maupun yang berniat jahat. Pihak Twitter sendiri menyadari peluang disalahgunakannya akun Twitter, sehingga mereka sudah membuat aturan dan panduan yang cukup jelas untuk mengatasinya. Jika di linimasa tweepsmenemukan perilaku akun yang jelas-jelas menyalahgunakan Twitter untuk niat jahat – seperti menebar kebencian – maka panduan dari Twitter berikut ini bisa dipraktekkan.   

Pada bagian Safety, Twitter mengingatkan agar para pengguna tidak terjebak turut menjadi penyebar kebencian dengan merespon tweet-tweet yang dimaksud. Me-retweet, atau membuat tweet yang mencantumkan akun-akun penebar kebencian tersebut, malah akan membuat akun tersebut semakin terkenal. Akun tersebut mungkin membuat Anda tersinggung dan marah, tetapi ada baiknya tidak terjebak dalam permainan mereka.

Langkah paling aman yang disarankan adalah mengabaikannya, memblokir akun tersebut sesuai fitur yang telah disediakan Twitter, atau melaporkannya sebagai Spam. Pada bagian lain panduan di Twitter, dijelaskan  cara-cara memblokir akun dan/atau melaporkannya sebagai spam. Akun-akun yang menebar kebencian, bisa dikategorikan spam, karena menurut definisi yang diberikan Twitter, spam termasuk akun yang berperilaku tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Twitter.

“Spam” describes a variety of prohibited behaviors which violate the Twitter Rules. Behaviors that constitute “spamming” will continue to evolve as we respond to new tactics by spammers.

Memblokir Sebuah Akun

Pemblokiran terhadap suatu akun mencegah pengguna untuk mengikuti (follow) Anda, meniadakan balasan (reply) atau penyebutan (mention) di bagian linimasa Mention/Connect akun Anda, atau mencegah akun tersebut menambahkan akun Anda pada salah satu daftar (Twitter List) mereka. Anda dapat memblokir siapa saja yang Anda inginkan.

Berikut cara untuk memblokir sebuah akun Twitter, seperti yang dijelaskan pada halaman bantuan Twitter.com:

  1. Login ke akun Twitter Anda.
  2. Pergi ke halaman profil dari akun yang ingin Anda blok.
  3. Klik ikon orang (disorot di bawah). Tombol ini menampilkan menu drop-down tindakan.
  4. Pilih “Block @ akun” dari pilihan yang terdaftar.

Blokir akun

Catatan: Jika tweets Anda terbuka untuk umum (tidak dilindungi/diproteksi ), maka siapapun masih dapat melihatnya pada halaman profil umum Anda. Twitter tidak mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna ketika Anda memblokir mereka, tetapi karena mereka tidak dapat mengikuti tweet Anda, lambat laun mereka akan menyadari telah diblokir.

Jika Anda berubah pikiran, atau Anda merasa memblokir akun yang salah, Anda dapat dengan mudah membuka blokir seseorang dengan mengklik Unblock dari halaman profil pengguna yang diblokir itu:

Unblok akun

Laporkan sebagai Spam

Selain memblokir pengguna, Anda juga dapat unfollow mereka atau melaporkan sebuah akun sebagai spam. Berikut ini ringkasan cara melaporkan sebuah akun sebagai spam:

  1. Pergi ke halaman profil dari akun yang ingin Anda laporkan.
  2. Klik ikon orang (disorot di bawah). Tombol ini menampilkan menu drop-down tindakan.
  3. Pilih “Report @ akun for spam” dari pilihan yang terdaftar.

Laporkan spam

Catatan: Jika sebuah akun telah dilaporkan, tidak berarti akun tersebut saat itu juga dibredel (suspended) oleh Twitter. Akun yang Anda laporkan, otomatis akan terblokir dari Anda, dan fungsi blokir di atas akan berfungsi. Pihak Trust and Safety Team Twitter akan mengkaji lebih lanjut apakah akun tersebut layak dibredel atau tidak.

Beberapa waktu yang lalu, ketika sempat muncul akun yang menebar kebencian tentang agama, akhirnya dibredel hingga saat ini karena telah beramai-ramai dilaporkan oleh tweeps. Aksi yang sama bisa selalu dilakukan setiap kali muncul akun dengan niat serupa. Cara ini menunjukkan tanggung jawab pengguna untuk bersama-sama melindungi linimasa dari hal-hal yang tidak diinginkan.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s