Inter Indonesia Tour 2012

Hari Pertama
21 Mei 2012 – Flight… Jekardaah

Pagi itu, sinar sang surya belum menampakan cahayanya. Sementara itu, lantunan adzan subuh secara bergantian memenuhi ruang angkasa yang sepi dan dingin. Belum begitu banyak ayam berkokok, orang-orang masih terlelap dalam mimpinya yang panjang.

Beda halnya saya dan beberapa teman, yang kala itu sementara sibuk mengemas barang-barang bawaan. Secara teliti, kami mengatur semua barang-barang jangan sampai ada yang tertinggal. Saat itu, jarum jam dinding menunjukkan pukul 5 pagi…. Setelah semua perlengkapan siap, kami pun segera beranjak meninggalkan kediaman Wawan Nurmawan menuju ke Bandara Djalaludin Gorontalo.

Kebetulan, saat itu saya bersama teman-teman yang tergabung dalam Inter Club Indonesia (ICI) region Gorontalo berangkat ke Jakarta dalam rangkaian #InterIndonesiaTour yang akan berlangsung tanggal 23 s/d 27 Mei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Tepat pukul 5.30 WITA, kami sudah tiba di bandara, setelah melakukan rangkaian dan prosedur yang berlaku di bandara, kami segera menuju ke ruang pemberangkatan. Tapi sayangnya, jadwal penerbangan yang seharusnya pukul 6.40 WITA akhirnya ditunda oleh pihak maskapai karena alasan teknis. Hingga pada akhirnya, pesawat berhasil take off pada pukul 10.40 WITA dan kemudian tiba di Jakarta, sekitar pukul 15.00 WIB. Benar-benar perjalanan yang melelahkan, tapi tidak untuk semangat kami pada saat itu. Fisik bisa saja lelah, tapi semangat terus membara.

Ketika tiba di Jakarta, kami masih tanpa bagasi. Bagasi masih harus nginap dulu di Gorontalo dan akan diberangkatkan keesokan harinya. Pada saat berangkat, pesawat yang kami tumpangi tersebut tidak memuat bagasi dan menurunkan beberapa penumpang, dengan alasan keamanan. Pihak maskapai tidak mau menerbangkan pesawat dengan kondisi pesawat yang penuh dengan penumpang maupun bagasi.

Dari Bandara Soekarno Hatta, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Mess Salemba Tengah yang juga merupakan Kantor Perwakilan Gorontalo, yang nantinya akan kami tempati selama berada di Jakarta. Sekitar pukul 5 sore, kami sudah tiba di lokasi. Setelah merapikan semua barang bawaan dan segala keperluan lainnya, kami tidak langsung istrahat, melainkan berkemas untuk keluar lagi menuju Atrium Mall. Padahal, saat itu seluruh anggota tim Interisti Gorontalo masih dalam keadaan capek. Tapi entahlah, semangat dari mana yang memaksa kami untuk terus jalan keluar.

Tiba di Atrium, kami belanja pakaian seadanya, untuk dipakai selama bagasi belum tiba di Jakarta. Usai belanja, aktivitas dilanjutkan menuju ke 21, nonton film The Avengers. Ada hal yang lucu menurut saya ketika nonton The Avengers, saat pertunjukan film baru berjalan 20 menit, saya mencoba melirik ke kursi teman yang disamping, ternyata dia sudah tertidur, kelihatannya begitu nyenyak. Dan kayaknya bukan Cuma dia saja yang ketiduran, aku juga ketiduran. Bangunnya nanti setelah film selesai. Disaat lampu sudah dinyalakan dan penonton lainnya segera beranjak meninggalkan studio, saat itu juga aku bangun dari tidur yang nyenyak.

Hari Kedua
22 Mei 2012 – Keliling Jakarta bersama Elnino

Hari kedua di Jakarta, masih dalam rangkaian #InterIndonesiaTour. Laga antara Inter dan Timnas Indonesia Selection masih 2 hari lagi. Daripada boring hanya baring-baring dalam kamar, aku coba keluar. Tapi keluar jalan-jalan kali ini agak seru, bareng seniorku yang kini sudah jadi Anggota DPD RI, Elnino Mohi, kami keliling-keling Kota Jakarta.

Benar-benar hari melelahkan, mana macet lagi sepanjang jalan. Keluar jam 8 pagi, balik ke mess nanti jam 9 malam. Capek sih iya, tapi senang dan seru juga. Awalnya kita makan siang di La Piazza, kemudian jalan-jalan ke Grand Indonesia, sekaligus belanja untuk keperluan ole-ole buat kerabat di Gorontalo. Tak berhenti sampai disitu, kami melanjutkan perjalanan lagi, mengelilingi beberapa tempat di Jakarta.

Hingga pada akhirnya waktu beranjak senja, kamiu menuju ke sunter. Menikmati pemandangan disekitar danau sunter, sekaligus makan-makan lagi. Pokoknya kenyang banget deh hari itu, selain rasa capek juga. Bukan hanya sekedar jalan-jalan doang, kami juga sering berbagi cerita.

Hari Ketiga – 23 Mei 2012.
Selamat Datang Inter Milan di Indonesia

Siang itu, saya bersama Wawan Nurmawan, Erwin Pakaya, Rengga Gobel dan Frangky Kolondam menuju bandara Soekarno Hatta, Terminal D. Sebab pada saat itu, sudah dijadwalkan akan kedatangan tim Inter Milan ke Indonesia, pukul 10.00 WIB. Suasana di Gate D Soetta saat itu benar-benar ramai, ramai dengan atribut Inter. Selain itu, secara bergantian juga para Interisti terus menyanyikan cori-cori atau yel-yel Inter. Benar-benar bikin suasana merinding.

Hampir sekitar 2 jam kami berada di Soetta, menunggu kedatangan Inter Milan, akhirnya mereka muncul juga. Suasana makin tak karuan, cori-cori Inter semakin keras terdengar, bendera berkibar dimana-mana, suasana kacau bukan karena rusuh, akan tetapi bagaikan luapan kegembiraan