Informasi Bias ala Wikipedia


Beberapa minggu lalu, saya pernah menulis sebuah ulasan dengan mengandalkan statistik yang saya kutip dari wikipedia dan berbahasa Inggris, akan tetapi beberapa hari kemudian, statistik yang saya kutip tersebut berubah lagi pada hari lainnya, yang tentunya sempat membingungkan juga. Melalui tulisan ini pula, saya hendak mengklarifikasi beberapa kesalahan dalam pengutipan yang tentunya tidak mengenakan tersebut.

Dalam tulisan saya mengenai Derby Della Madoninna antara Inter dan Milan, saya menguraikan beberapa statistik pertemuan, skor terbesar dan jumlah pertandingan antara kedua klub tersebut. Sempat bingung juga, kok ada data yang tidak valid setelah saya mencoba kroscek kembali statistik yang saya publish tersebut. Berikut saya update tentang statistik tersebut.

update statistik kemenangan terbesar pertama

update statistik kemenangan terbesar kedua

nah sekarang, yang perlu saya komentari adalah sebagai berikut

  1. Update statistik pertama, Inter menang 15 – 1 terhadap Milan pada tanggal 17 Februari 1910 dalam laga Serie-A. Kemudian pada update yang kedua terjadi perubahan, Inter menang 5-1 atas Milan.
  2. Update statistik pertama, Inter menang 17 – 1 terhadap Milan pada tanggal 25 Januari 1920 dalam persahabatan. akan tetapi, setelah saya coba buka kembali wikipedia, terjadi perubahan. Inter bukan menang 17-1 melainkan menang  7 – 3
  3. Skor terbesar lainnya adalah Inter menang 9 – 1 atas Milan pada tanggal 7 Juni 1917, namun setelah saya coba buka kembali wikipedia, skor terbesar tersebut tidak tercantum lagi.
  4. Begitu pula halnya dengan skor terbesar Inter atas Milan pada tanggal 24 Maret 1974 dalam laga Serie-A. Dalam update statistik pertama, Inter menang 11 – 1, akan tetapi pada update statistik yang kedua, ternyata Inter menang 5 – 1.
  5. Dalam kemenangan terbesar Milan, coba lihat yang saya lingkari warna merah dalam update statistik yang kedua tersebut. Disitu dicantumkan Milan menang besar dengan skor begini:  Milan 0 – 4 Inter (tanggal 11 September 1955 dalam laga persahabatan. Seharusnya Inter, bukan Milan
  6. Sama halnya dengan point di atas tadi, coba perhatikan yang saya lingkari warna merah. Disitu tercantum dalam skor terbesar Milan dengan update begini: Milan 0 – 2 Inter (tanggal 29 Mei 1924 dalam laga persahabatan)

Itulah sedikit ulasan saya mengenai terjadinya kesalahan update statistik yang dilakukan oleh wikipedia. Masih banyak lagi hal lain yang coba saya searching dan ternyata terdapat perbedaan dan kesalahan lainnya.

Berikut saya lampirkan beberapa sumber yang sempat mengatakan bahwa wikipedia memang sering salah dalam hal penyajian data maupun informasi

  1. Contoh Bias di Wikipedia
  2. Contoh Bias di Wikipedia: Tentang Obama
  3. Jahat-Pedia! Millions trust its every word. Jutaan percaya setiap kata
  4. Kesalahan sesekali Wikipedia lebih berbahaya dari sebelumnya
  5. Bagaimana akurat adalah Wikipedia?
  6. Wikipedia Dampak terhadap Pendidikan
  7. dan masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa anda searching dan googling di dunia maya.

So, mengenai catatan saya sebelumnya disini tidak ada maksud apa-apa, selain menjadikan saya untuk menyajikan informasi dan wawasan, khususnya untuk saya pribadi sebagai Interisti. Dan saya memohonkan maaf jika sebelumnya ada teman-teman yang menjadikan artikel saya sebelumnya sebagai sumber.

enjoy it, dude🙂

Leave a Reply

