Tuan Rumah di Final Liga Champions


Tak banyak klub yang jadi tuan rumah final Piala Champions/Liga Champions dan bisa lolos ke partai puncak. Dan Bayern Munich jadi klub keempat yang bisa melakukan hal tersebut. Dari 56 final yang sudah dihelat, hanya pernah tiga kali sebuah klub lolos ke final yang dihelat di kandangnya sendiri. Ketiga klub itu adalah Real Madrid, Inter Milan, dan AS Roma.

Madrid melakukannya pada final musim 1956/1957, ketika masih berformat Piala Champions. Ketika itu, El Real sukses mereguk kemenangan 2-0 atas Fiorentina di Santiago Bernabeu.

Delapan tahun berselang, yakni pada musim 1964/1965, giliran Inter yang tampil di final yang dihelat di Giuseppe Meazza. Lagi-lagi, kemenangan berpihak kepada tuan rumah. La Beneamata yang ketika itu dilatih oleh Helenio Herrera menang 1-0 atas Benfica berkat gol Jair Da Costa.

Roma menjadi tim terakhir yang melakukannya pada musim 1983/1984. Final kala itu dihelat di Olimpico Roma. Sial bagi I Lupi, mereka takluk 2-4 di tangan Liverpool lewat babak adu penalti. Sejauh ini, Roma menjadi satu-satunya tuan rumah yang kalah di final.

Musim ini, Bayern sukses mengikuti jejak Madrid, Inter, dan Roma. Die Roten melakukannya setelah menyingkirkan Madrid di semifinal lewat drama adu penalti yang berakhir 3-1.

Dengan keberhasilan tersebut, tim arahan Jupp Heynckes itu akan tampil di final yang dihelat di markas mereka sendiri, Allianz Arena, pada 19 Mei mendatang. Lawan yang akan mereka hadapi adalah wakil Inggris, Chelsea, yang secara mengejutkan menumbangkan juara bertahan Barcelona.

(detikcom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s