Terima Kasih @detikcom


Ungkapan terima kasih sebesar-besarnya itu, patut saya layangkan buat @detikcom, media portal yang terbesar di Indonesia. Bukan bermaksud memuji atau melebih-lebihkan, tapi berdasarkan kenyataan yang ada. @detikcom bukan hanya terdepan dalam mengabarkan berita, tapi profesional juga dalam menyelenggarakan event.

Berawal dari sebuah info yang beredar di timeline tentang lomba yang bertajuk “Aku Cinta Indonesia” aku iseng-iseng untuk mencoba mendaftarkan diri. Tidak terlalu berharap saat itu, apalagi melihat saingan yang begitu banyak, yang mencapai 75ribu pendaftar, aku mendadak pesimis untuk menghadapi tantangan apa bisa lolos atau tidak.

Namun, seiring dengan perjalanan waktu, dan entah dengan alasan apa, akhirnya aku terpilih menjadi salah satu Petualang ACI (Aku Cinta Indonesia) bersama 59 orang lainnya dan mendapat kesempatan untuk Keliling Indonesia secara gratis.

Awalnya, aku berpikir, Keliling Indonesia ini berupa jalan-jalan ke seluruh provinsi di nusantara, akan tetapi, 60 Petualang ACI dibagi dalam beberapa tim yang kemudian akan difasilitasi oleh @detikcom untuk jalan-jalan gratis ke beberapa daerah untuk mengeksplore keindahan alam budaya Indonesia. Seperti itulah.

Selama 18 hari, berawal dari Jakarta, aku yang tergabung dalam trip Jawa I bersama kedua rekanku yakni Silvia Faradila dan Debby Simarmata, memulai petualangan. Petualangan begitu mengasyikan, begitu menegangkan dan sangatlah berkesan. Setiap langkah meninggalkan kenangan tersendiri, dan kami tak pernah melewatkan moment disetiap kenangan tersebut. Kami berusaha untuk menciptakan kenangan yang kelak akan menjadi sebuah kisah klasik tersendiri.

Berkat program ini pula, aku bisa merasakan, seperti inilah jadi petualang, seperti inilah rasanya bagaimana mengembang sebuah tugas dan tanggung jawab, yang tidak bisa disia-siakan begitu saja. Tanggung jawab untuk menyebarkan virus semangat mencintai negeri ini, bukan dari luarnya saja namun dari dalamnya juga.

Aku sendiri, berinisiatif untuk membukukan semua jejak langkahku selama 18 hari tersebut dalam sebuah buku, menceritakan bagaimana indahnya mendatangi beberapa tempat serta mempelajari adat istiadat setempat, mengabarkan bagaimana negeri ini harus kita cintai secara mendalam, tanpa pamrih.

Sekali lagi, terima kasih @detikcom untuk semua kesempatan ini !!!

Leave a Reply

