Ketika Aku Jadi Orang Lain


Orang bijak mengatakan, jadilah diri sendiri, atau kurang lebih sama halnya dengan percaya pada diri sendiri, trus orang bule bilangnya Be Your Self.. trus kata siapa lagi yaa??? hhhmmm… Jadi gini, aku pernah mengalami hal yang seperti yg kayak ginian, ketika aku harus berpura-pura memerankan peran, yang aku sendiri merasa, bahwa itu bukan aku, melainkan orang lain. Maksudnya, aku malah jadi orang lain saat itu, bukan diriku sendiri.

Bukannya aku gak percaya pada diri sendiri, melainkan kayak ada motivasi lain yang aku rasakan saat itu. Manusiawi sih, tapi gimana yaa dengan tanggapan orang lain saat itu ketika aku malah jadi orang lain disaat kebanyakan orang yang menyarankan kepada kita dengan kalimat “Be Your Self”, atau dengan bahasa lainnya ” Jadilah dirimu sendiri!”.

Jadi gini, aku pernah mengalami hal ini saat masih duduk dibangku SMA kelas 2 (tahun 2001) dimana kala itu aku sangat mengidolakan sosok Mike Shinoda, salah satu personilnya Linkin Park. Semua hal yang berkaitan dengan Mike Shinoda, hampir nyaris aku terapkan pada diriku sendiri, mulai dari cara berpakaian hingga yang paling parah adalah nge-rap sama halnya Mike Shinoda, walhasil… bukan kesempurnaan yang aku dapatkan, malah aku merasa aku terlalu memaksakan kehendak agar bisa sama halnya dengan sang idola.

mike-shinodaSetamat SMA, aku berniat untuk kembali menjadi diriku sendiri (dalam artian gak akan terlalu mengikuti secara berlebihan dari apa sang idola lakukan). Akan tetapi, salah satu pertimbangan aku memilih jurusan kuliah saat itu (Teknik Informatika) berkat peran sang idola tersebut, hingga akhirnya aku termotivasi untuk belajar bahasa pemograman dan design art (lagi-lagi karena termotivasi dari Mike Shinoda yg memang pada dasarnya dia menggeluti hobby tersebut).

Aku sadar, setidaknya ada hal positif yang bisa jadikan aku motivasi dan dorongan, ketika aku harus memerankan peran sebagai orang lain meskipun resiko kegagalannya sangatlah fatal. Setidaknya pula, aku udah percaya diri ketika menjadi orang lain sehingga menjadikan aku untuk terus berkarya, berkreasi….dan semua yang aku lakukan hingga saat ini, berkat motivasi positif dari sang idola itu sendiri…

Leave a Reply

